Kenalan dengan hastag agar kekinian di social media
![]() |
Social media sudah menjadi kebutuhan hidup
saat ini untuk sebagian orang, karena di dalam social media kita bias berinteraksi
secara luas dengan siapapun yang kita kehendaki, beberapa social media yang
sering digunakan di Indonesia :
Facebook Youtube
Twitter google plus
Instagram
Path
Di dalam kita menggunakan social media, ada istilah HASTAG
Dan hastag ini sering kita pergunakan, tetapi sebagian dari kita tidak tau fungsi nya dalam monetize sebuah akun social media.
Hashtag dapat berupa kalimat atau kata tanpa spasi, contohnya penulisan artikel dengan penambahan hashtag #kulinercimahi. Dengan hashtag tersebut maka informasi yang ditambahkan hashtag #kulinercimahi akan otomatis tergabung menjadi sebuah kelompok artikel dengan hashtag yang sama didalam satu halaman.
Sebuah hashtag hanya terhubung ke media tertentu dan tidak dapat terhubung dengan gambar atau pesan multi platform atau dari platform yang berbeda. Misalkan hasil artikel atau konten hashtag pada media social facebook tentu saja akan berbeda dengan hashtag dengan media social lainnya seperti twitter atau instagram.
Twitter google plus
Path
Di dalam kita menggunakan social media, ada istilah HASTAG
Dan hastag ini sering kita pergunakan, tetapi sebagian dari kita tidak tau fungsi nya dalam monetize sebuah akun social media.
Hashtag dapat berupa kalimat atau kata tanpa spasi, contohnya penulisan artikel dengan penambahan hashtag #kulinercimahi. Dengan hashtag tersebut maka informasi yang ditambahkan hashtag #kulinercimahi akan otomatis tergabung menjadi sebuah kelompok artikel dengan hashtag yang sama didalam satu halaman.
Sebuah hashtag hanya terhubung ke media tertentu dan tidak dapat terhubung dengan gambar atau pesan multi platform atau dari platform yang berbeda. Misalkan hasil artikel atau konten hashtag pada media social facebook tentu saja akan berbeda dengan hashtag dengan media social lainnya seperti twitter atau instagram.
Sebuah hashtag adalah kata atau frase tanpa
spasi yang diawali dengan simbol hash ("#"). Ini adalah bentuk
tag metadata.
Kata-kata dalam pesan pada microblogging dan jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Google+ atau Instagram dapat ditandai dengan menempatkan "#" di depan mereka.
Kata-kata dalam pesan pada microblogging dan jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Google+ atau Instagram dapat ditandai dengan menempatkan "#" di depan mereka.
Hastag difungsikan untuk menggolongkan tema
atau topik yang lebih spesifik dalam social media, dan di sisi lain hashtag
juga mempermudah orang lain untuk mencari topik yang saling berhubungan. Dalam
dunia digital, khususnya digital konten marketing pada sosial media, hashtag
berguna untuk mengelompokan sebuah tema atau informasi produk agar orang lain
atau calon customer dapat menemukan informasi yang anda sampaikan pada sebuah
artikel dengan hashtag tertentu.
Hashtag sendiri memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai
berikut :
1. Mempermudah Pengelompokkan Konten
Ketika anda membuat sebuah artikel atau postingan tentang
suatu tema atau topik dalam sebuah social media, anda dapat memberikan sebuah
hashtag tertentu untuk mempermudah dalam pengelompokkan beberapa artikel yang
memiliki tema / topic yang sama serta memudahkan pembaca untuk mengetahui inti
dan tujuan dari artikel anda. Bahkan anda dapat membandingkan dan melihat
update terbaru dari artikel lain yang memiliki hashtag yang sama dengan artikel
yang anda buat.
2. mempermudah pencarian konten
pengelompokkan artikel dengan menggunakan hashtag tentu
saja dapat memudahkan anda dalam mencari sebuah informasi atau konten yang anda
inginkan. Misalkan anda ingin mengetahui informasi mengenai info kuliner cimahi
pada social media tertentu. Maka anda dapat memasukan hastag #kulinercimahi
pada kolom pencarian dan semua artikel atau postingan mengenai topic tersebut
akan muncul dalam sebuah kelompok artikel.
3. Memperluas postingingan anda
Ketika anda menulis sebuah artikel dan postingan pada
sebuah social media. Maka yang dapat melihat postingan anda adalah semua orang
yang telah menjadi teman atau menjadi follower akun anda. Namun jika anda
memberikan sebuah hashtag dalam postingan anda, maka seluruh pembaca atau
pencari informasi di social media yang memasukan hashtag terkait dengan artikel
anda akan dapat membaca artikel yang anda buat.
4. Sebagai sarana promosi produk
Sebagai seorang digital marketing, hashtag
akan dapat membantu dalam mempromosikan produk yang telah dispesifikasikan
kedalam sebuah informasi atau pesan yang telah ditambahkan dengan hashtag.
Sejumlah perusahaan telah memanfaatkan fungsi hashtag untuk dapat memperluas
jaringan customer dalam mengetahui produk yang ditawarkan oleh perusahaan
tersebut. Misalkan sebuah yogurt akan
memberikan hashtag #yogurtcimahi dalam promosi produknya untuk menginformasikan
para pencari informasi bahwa salah satu jasa dari perusahaan tersebut sesuai
dengan hashtag-nya yaitu web development.
Komentar
Posting Komentar