Tips Bikin Restoran Ramai Pengunjung
![]() |
Bisnis
restoran sekarang mulai ramai menjadi bidikan para pengusaha tuk mengembangkan
usaha nya, tapi tahukan gimana caranya mengembangkan bisnis resto ini supaya
bertahan lama dan tentunya bias berkembang.
1.) Tentukan konsep restoran Anda
Konsep restoran merupakan hal terutama untuk kesuksesan bisnis
restoran Anda. Tentukan konsep supaya mempunyai nilai jual dengan karakter
menarik dan arah yang jelas. Contoh visi dari restoran:
Membuka dan mengembangkan bisnis restoran di Jakarta dan kemudian
membuka franchise untuk kota-kota besar lainnya.
Contoh misi dari restoran:
Restoran laut malibu, restoran para pebisnis yang menyajikan seafood
segar dengan kualitas terbaik, masakan ala asean, dengan menu seperti khas
udang pasir putih (steam prawn with onion garlic sauce), dengan suasana dining
laut sore hari. Pelayanan ala bajak laut dan harga premium menjangkau kelasnya.
2) Tentukan dan cari lokasi yang sesuai dengan konsep restoran.
Lokasi sangat menentukan kesuksesan dan kelangsungan restoran. Tentukan
faktor lokasi sebelum mulai mencarinya: gunakan 5 T:
Target
market, lokasi restoran harus dekat atau berada di mana banyak sasaran
pelanggan yang dituju.
Traffic
flow, lokasi restoran harus didukung oleh arah lalu lalang yang tepat, biasanya
untuk restoran dipilih arah lalu lintas pulang ke rumah daripada arah lalu
lintas berangkat kerja.
Terlihat,
lokasi restoran yang terlihat dari jalan atau pusat keramaian. Lokasi yang
terekspose lebih banyak memiliki peluang menggaet lebih banyak pengunjung yang
kebetulan lewat.
Tingkat
kepadatan, lokasi restoran yang berada di daerah padat akan lebih mudah
mendapat tamu ketimbang yang jarang, cari tau jumlah residensial dan
penghuninya, banyaknya perkantoran, komersial area dan pusat rekreasi sekitar.
Teman
sebisnis, lokasi restoran yang berada di lingkungan restoran dapat menjadi
kekuatan lokasi yang dapat memberikan traffic, tetapi haruslah dicermati teman
sebisnis kita atau restoran lain. apakah kelebihan dari masing-masing restoran
dan bagaimana restoran kita bisa memiliki keunikan dan kelebihan yg lain.
3) Makanan dan minuman yang bervariasi
Makanan yang unik, enak, konsisten dan harus terus bertambah dengan
adanya kreasi baru dan berkurang seiring dengan tingkat permintaan pelanggan.
Variasi makanan dan minuman tidak kalah pentingnya dibanding rasa, porsi dan
tata cara penyajian atau presentasi makanan. Presentasi makanan hal yang harus
di perhatikan, tidak bisa sekedar menyajikan atau asal jadi. Presentasi makanan
harus menggugah selera, menarik dan memberi nilai jual yang sesuai dengan kelas
restoran Anda.
4) Marketing dan Promosi
Siapkan marketing dari awal pada sebelum pembukaan sebagai bagian
dari budget pembuatan restoran. Marketing mencakup desain logo, pemilihan nama
restoran, pembuatan buku menu, food photography, perlengkapan penyajian,
seragam, coment card, signage, peralatan promosi dan informasi yang digunakan :
banner, iklan majalah, brosur,web seta social media.
Berbicara spesifik tentang social media tidak bisa dinafikan bahwa
hal ini sudah menjadi bagian penting dalam gaya hidup sehari-hari serta menjadi
channel tercepat dan efektif untuk melakukan kegiatan promo apapun. sebagai
contoh di film yang berjudul CHEF (2014) yang di bintangi oleh Jon favreau yang
mengisahkan tentang jatuhnya karir sang kepala koki restoran yang hanya
melontarkan kata-kata yang tak pantas kepada kritikus makanan melalui akun
twitter nya hingga berhasil bangkit kembali ketika membuka usaha makanannya
yang dia promosikan melalui social media twitter.
Selain itu social media adalah media promo yang massif serta yang
terpenting adalah gratis.
5) Harga jual yang ideal
Hal ini sangat sensitif dan perlu dicermati. Penentuan harga tidak
hanya berdasarkan standar keuntungan, food cost saja tetapi harus dilihat dari
teman restoran lain disekitar kita baik yang menjual jenis makanan sejenis
ataupun yang tidak sejenis.
Patokan harga harus juga disesuaikan dengan target market dan kelas
restoran. Jangan memperhitungkan fasilitas sebagai bagian kenyamanan untuk
menentukan harga. Fasilitas tidak terhitung dalam mindset pelanggan sebagai
dasar penentuan harga, fasilitas bagi sebagian orang adalah keharusan dan
bagian dari konsep restoran.
Komentar
Posting Komentar