Tips memilih produk umkm yang tepat untuk di jual online
![]() |
tips mencari produk yg laku di online |
Kadang banyak umkm (usaha mikro kecil menengah) yang terkendala dalam berjualan online, karena kegagalan dalam analisan produk yang akan di jual online.
Produk apapun sebetulnya bisa kita jual secara online dengan segment market yang kita target sesuai dengan bisnis plan usaha kita.
Akan tetapi balik lagi kendala nya adalah apakah bisnis plan dengan segment pasar kita itu sudah tepat ??
studi kasus :
Apakah produk seperti Hijab itu yang cari hanya gender Wanita?? Karena mungkin banyak pengguna online yg gender pria pun ikut mencari kata hijab, dalam artian mungkin mereka mencari sebuah peluang usaha untuk bisa ikut menjual lagi....betul ngga?
Nah sebelum kita memulai mencari Produk apa sih yang laku di jual online, kita harus bisa analisa produk supaya kita tidak salah memilih target pasar atau segment marekt >>> Tips cara analisa segmen pasar.
Setelah kita mahir menganalisa segmen pasar yang akan kita pilih, kemudian kita bisa memilih produk yang akan laku dijual di pasar, tentu bila produk kita sudah ada, kita tinggal inovasi atau tambah produk lainnya agar variatif produk makin banyak, maka makin banyak lah yang mencari BRAND kita
7 tips memilih produk yang tepat untuk dijual online.
MENJUAL PRODUK YANG MEMILIKI BANYAK AKSESORIS.
Jika Anda berjualan produk handphone dengan persentase keuntungan dari produk tersebut tidak terlalu besar, maka sebagai pedagang pun kita akan menjual berbagai aksesoris handphone untuk mendongkrak penghasilan. karena persentase keuntungan dari aksesoris biasanya jauh lebih tinggi dibandingkan handphone itu sendiri.
Contoh lainnya adalah kamera, dimana banyak sekali peralatan dan perangkat pendukung seorang fotografer untuk melakukan pekerjaannya, misalnya tripod dan lensa. Produk seperti ini dikenal dengan istilah Accessory-Rich Niches.
MENJUAL PRODUK YANG TURNOVER-NYA RENDAH.
Maksud dari istilah turnover adalah produk tersebut memiliki waktu tertentu untuk segera digantikan dengan produk yang lebih baru (up-to-date). Ketika hendak memulai bisnis, pilihlah produk yang mampu bertahan cukup lama di pasaran. Walapun setiap produk yang kita jual, ada suatu pembaharuan entah dari segi tren bahkan teknologi, usahakan jenis produk yang kita pilih memiliki masa turnover yang rendah.
MENJUAL PRODUK YANG SUDAH TERKENAL.
Pilihlah produk yang sudah dikenal oleh konsumen supaya kita lebih mudah melakukan promosi ke pasar. Dengan begitu kita tidak perlu melakukan edukasi atau memberikan penjelasan panjang dan rumit kepada calon konsumen.
MENJUAL PRODUK YANG RINGAN DAN RINGKAS.
Apabila produk yang dijual memiliki bobot yang ringan, maka ongkos kirim pun semakin murah. Dengan ongkos kirim lebih murah maka di masa depan kita dapat memberikan promosi gratis ongkos kirim ke wilayah tertentu. Selain itu, produk yang ringan dan ringkas memudahkan kita untuk menyetok barang tersebut di gudang.
MENJUAL PRODUK YANG SULIT DITEMUKAN DI PASAR KONVENSIONAL (OFFLINE).
Ketika memilih produk untuk di jual melalui internet, pilihlah produk yang tidak banyak ditemukan di toko-toko konvensional. Dengan begitu produk kita akan dicari lewat internet dan cenderung akan lebih mudah mendapatkan customer yang potensial. Namun di sisi lain, perhatikan juga permintaan (demand) dari produk tersebut di pasar. Apakah memang produk tersebut banyak dicari karena ketersediaannya yang masih terbatas? atau ternyata memang produk tersebut tidak terlalu laku di pasaran.
MENJUAL PRODUK YANG SESUAI DENGAN HOBI.
Jika kita bisa menemukan produk yang sesuai dengan hobi, maka itu akan sangat membantu kita untuk mengembangkan bisnis dengan baik. Tentu akan sangat menyenangkan jika sebuah hobi bisa menjadi kegiatan yang menguntungkan (profitable). Misalnya, jika kita menyukai kegiatan bersepeda, maka bisa dimulai dengan mencari produk yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.
MENJUAL PRODUK YANG BERSIFAT SEKALI PAKAI / MUDAH HABIS.
Apabila pelayanan pertama kita memuaskan, kemungkinan besar mereka akan menghubungi kita lagi untuk membeli produk yang sama (repeat order). Mengapa? Karena sebuah nilai plus apabila produk yang kita tawarkan memiliki usia / masa pakai tertentu, sehingga membuat customer membeli produk tersebut di masa yang akan datang.
Komentar
Posting Komentar